Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Industri konstruksi, pertambangan, ataupun logistic erat kaitannya dengan Alat berat. Alat berat bisa didefiniskan mesin berukuran besar yang dirancang untuk melaksanakan pekerjaan pembangunan, seperti pengerjaan tanah dan memindahkan bahan bangunan atau material. Hal tersebut merupakan faktor penting didalam suatu proyek terutama konstruksi, pertambangan, logistik dan kegiatan lainnya dengan skala besar.

Perlu diketahui juga Alat berat adalah investasi yang dibilang tidak murah, hal tersebut menyangkut nilai besar bagi suatu perusahaan. Oleh karena itu perlu pengelolaan aset perusahaan sehingga alat yang diinvestasikan dapat menghasilkan keuntungan maksimal. Agar alat berat selalu memberikan hasil yang optimal, diperlukan perawatan rutin. Jika tidak akan dapat mengganggu operasional dan merugikan perusahaan secara tidak langsung. Dengan melakukan pemeliharaan dan perawatan dapat memperpanjang usia alat berat sehingga mengurangi biaya operasional. Berikut ini tips untuk memperpanjang usia alat berat yang dapat dilakukan.

Memberikan pelatihan untuk operator baik secara teori ataupun praktek. Setiap orang yang berhubungan dengan peralatan harus dilatih dan terbiasa dengan penggunaan yang tepat dari setiap bagian mesin pada pekerjaan. Untuk beberapa mesin, instruksi langsung sederhana sudah cukup, sementara yang lain mungkin memerlukan sertifikasi khusus sebelum mengoperasikan mesin. Ikuti manual pemilik / operator dan panduan resmi lainnya yang berkaitan dengan industri yang dijalankan, jenis pekerjaan dan model peralatan.

Melakukan pemeriksaan sebelum mengoperasikan alat berat. Mulai dari bahan bakar, kondisi komponen, sampai suku cadang. Selain untuk menghindari resiko pekerjaan macet di tengah jalan, pemeriksaan seperti ini juga diperlukan untuk menjamin keselamatan pengguna dan sekitarnya.Sebelum digunakan, tepatnya ketika mesin baru dihidupkan, perhatikan dengan seksama apabila terdapat suara atau getaran yang tidak seharusnya.

Pembersihan alat sangat berguna untuk merawat komponen yang sering digunakan, terlebih untuk beban kerja yang berat. Hal ini dapat meminimalisir terhambatnya gerakan alat, serta menjaga kondisi komponen agar tetap utuh. Lakukan juga perawatan secara berkala yang meliputi waktu kerja mesin. Hal ini untuk mendeteksi umur kira-kira sparepart harus diganti sebelum terjadi kerusakan. Pengecekan ini juga berlaku pada komponen yang berkaitan dengan pelumas dan bahan bakar. Dan lakukan jadwal perawatan pelumasan yang terencana. Pastikan menggunakan pelumas yang tepat dan disarankan menggunakan rekomendasi pabrik.

Pastikan alat dioperasikan sesuai standart perusahaan. Untuk memastikan hal tersebut dapat dilakukan dengan memasang GPS Tracking yang mampu untuk membantu pemantauan akurat mengenai posisi kendaraan, waktu dan durasi penggunaan alat, sampai ke perilaku operator dalam mengoperasikan alat berat tersebut. Untuk mencari GPS Tracking yang tepat dan sesuai dengan kriteria tersebut IzzyTrack adalah solusi yang tepat untuk memaksimalkan kinerja alat berat tersebut.