Truk berpendingin atau Reefer Container adalah alah satu jenis kontainer yang sudah dilengkapi dengan sistem pendingin. Tujuannya untuk menjaga temperatur cargo yang disimpan agar tetap stabil ketika dalam penyimpanan maupun pengiriman.

Fungsi dari container ini adalah untuk menjaga kestabilan temperature kargo. Biasanya dimanfaatkan untuk melakukan pengiriman barang dalam jumlah besar, baik secara lokal maupun internasional. Sebagaimana kita ketahui, menjaga kondisi dan kualitas produk merupakan salah satu faktor penting. Terutama bagi yang saat ini memiliki bisnis di bidang makanan segar, produk beku, obat-obatan, maupun bahan kimia yang butuh temperatur stabil.

Secara umum perawatan Reefer Kontainer hampir sama perlakuannya dengan jenis container lainnya. Berikut ini Tips untuk perawatan Reefer Kontainer :

Menjaga Kendaraan tetap Bersih

Bau dapat bertahan setelah barang dibongkar. Beberapa pengemudi truk berpendingin sering menggunakan kopi bubuk untuk membantu menyerap bau. Kopi masih dalam kategori aman untuk pengangkutan ikan atau muatan berbau kuat lainnya. Tetapi jika mengangkut daging, darah bisa tercecer ke lantai dan mencemari muatan berikutnya. Untuk menghindari ini, pastikan mencuci truk setiap kali bongkar-muat. Untuk perusahaan pengangkutan makanan, prosedur pembersihan truk setelah bongkar-muat menjadi hal yang utama. Karena itu, perlu memastikan bahan makanan siap saji tidak menyentuh makanan mentah dan tidak ada kontaminasi silang terjadi antara makanan dan barang-barang bukan makanan.

Suhu Ruang Kargo harus Dingin lebih Dulu

Kargo beku harus selalu dimuat ke trailer yang sudah didinginkan sebelumnya pada suhu yang sesuai. Mendinginkan boks terlebih dulu, mencegah perubahan karakteristik muatan selama transportasi. Perlu diketahui lamanya proses pendinginan suhu ruang boks sebelum muatan dimasukkan. Jika pada cuaca panas, mungkin waktu yang diperlukan sedikit lebih lama.

Pantau Suhu

Selalu jaga komunikasi dengan operator di truk suhu selama transportasi. Ada beberapa pelanggan yang sangat sensitif terhadap laporan perubahan suhu, penurunan satu derajat pun bisa membuat muatan diklaim. Operator juga perlu proaktif memeriksa suhu ruang kargo dengan alat portable, jangan terlalu mengandalkan pengukur suhu di dalam ruang kargo. Periksa dan catat suhu muatan saat dinaikkan, dalam perjalanan, dan bongkar-muat.

Reefer container adalah salah satu pilihan tepat yang bisa djadikan sebagai alat untuk membantu menjaga kesegaran bahan baku industri maupun produk olahan. Dengan kemampuan menjaga suhu selama proses pengiriman, maka hal ini akan meminimalkan resiko kerusakan produk akibat perubahan temperatur. Untuk memaksimalkan kinerja dari Reefer Container, pemilik ataupun pengusaha Reefer Container dapat memeprgunakan Temperature Sensor yang digabungkan dengan system dari IzzyTrack GPS Tracking dapat memantau suhu muatan yang dibawa.