Helm adalah instrumen kelengkapan yang harus dimiliki oleh seorang yang mengendarai sepeda motor.  Karena seperti yang diketahui, Helm merupakan alat pelindung kepala yang penting untuk dimiliki. Tidak hanya untuk pengendaranya saja, penumpang sepeda bermotor juga wajib memakai helm ketika di jalan. Hal ini sudah diatur oleh peraturan hukum dalam UU No.22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Helm juga memiliki peranan penting untuk menjaga keselamatan saat berkendara dan dapat melindungi pengendara sepeda motor dari benturan saat terjadi kecelakaan.

Jangan sampai memilih helm secara sembarangan, termasuk dari segi ukuran helm karena hal ini dapat mengganggu kenyamanan anda saat memakainya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan helm yang baik dan nyaman digunakan. Berikut ini diantaranya :

Memilih Helm Bersertifikat

Pastikan helm yang memiliki label SNI. Helm yang standar sesuai dengan peraturan pemerintah adalah helm yang memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI). Biasanya, label ini ada di sisi belakang helm baik stiker ataupun emblem. Label ini sendiri merupakan jaminan jika produk tersebut sudah memalui proses produksi yang baik, dengan fokus kepada kekuatan, kenyamanan, dan keselamatan. Intinya, kualitas produknya sudah masuk standar aman

Selain SNI, adapula helm yang berlabel DOT (Department of Transportation) yang merupakan label standar yang digunakan luar negeri, Amerika Serikat. Helm ini sama amannya dengan yang berlabel SNI.

Ukuran yang Pas

Sesuaikan ukuran helm dengan ukuran kepala Anda. Jangan sampai kekecilan atau bahkan kebesaran. Karena ini akan mengurangi kenyamanan saat berkendara menggunakan helm. Jika tidak nyaman menggunakan helm, konsentrasi pun akan terganggu dan ini berbahaya bagi keselamatan pengendara.

Sesuaikan Kebutuhan

Sebelum membeli helm, tentukan terlebih dahulu jenis helm sesuai dengan kebutuhan berkendara. Helm full face cocok untuk perjalanan jauh dan touring.  Bagi yang sehari-hari beraktivitas di dalam kota., pilihlah jenis helm half face. Ini karena jenis helm ini lebih mudah untuk dibuka tutup kacanya.

Tali pengikat / Strap

Selain ukuran helm, tingkat kenyamanan helm juga dipengaruhi oleh strap atau tali pengikat pada helm. Carilah strap helm yang tidak terlalu mencekik dan longgar. Di helm yang sudah SNI kelonggaran strap bisa diatur. Selain itu, pilih juga helm yang memiliki pengait di strap yang kuat. Tujuannya, agar strap tidak mudah putus atau rusak. Ini berpengaruh pada keamanan saat menggunakan helm.