Bidang logistic atau pengiriman barang tidak terlepas dari unit kendaraan sebagai pilar utama keberlangsungan jalannya usaha tersebut. Dalam hal ini kendaraan yang biasanya digunakan adalah Truk. Kenapa menggunakan truk, dikarenakan daya tampung dari kendaraan tersebut banyak dan tenaga yang besar dimiliki Truk dapat diandalkan sebagai kendaraan pengiriman. Selain itu terdapat banyak jenis dan macam dari truk sendiri. Tergantung dari besar muatan dan kebutuhan yang diinginkan oleh perusahaan logistic. Berikut ini beberapa jenis dan macam truk yang dapat dipergunakan untuk kebutuhan logistic :

Pick Up

Kendaraan ini adalah kendaraan Truk Ringan yang mempunyai kabin tertutup serta bak terbuka untuk membawa barang bawaan atau kargo. Umumnya Pick Up berguna untuk kepentingan komersial serta juga berguna untuk pekerjaan yang membutuhkan antar jemput barang atau muatan. Rata-rata pickup memiliki volume maksimal yaitu 1 CBM an berat muatan maksimal 1,5 Ton. Kecuali dengan Pickup Bak dengan Volume Maksimal 6 CBM. 

Truk Box CDE ( Colt Diesel Engkel )

 Truk ini memiliki jenis ukuran yang lebih besar namun sama-sama memiliki jumlah sumbu roda yang ada pada 2 roda depan dan 2 roda belakang. Sementara, untuk kapasitas muatannya, Truk engkel juga terbilang lebih besar dari pada pickup. Karena mampu membawa muatan 2 hingga 5 Ton.

Truk Fuso

Truk fuso adalah salah satu tipe truk yang hampir seperti dengan truk CDD (non-long) tetapi kapasitas fuso tambah lebih besar, yaitu 25 CBM dengan berat maksimal 7 Ton. Truk fuso adalah salah satu jenis tipe truk yang mirip dengan truk CDD. Namun kapasitas fuso jauh lebih  besar. Truk Fuso juga memiliki volume 25 CBM.

Truk Tronton

Jenis truk berikutnya dan memiliki bobot lebih besar dibandingkan dengan truk-truk sebelumnya, yaitu truk tronton. Truk tronton ialah tipe truk yang mempunyai 3 sumbu roda dengan jumlah roda 10 dan konfigurasi rodanya ialah 1-2-2. Kapasitas truk tronton dapat membawa barang sekitar 30 kubikasi / CBM dengan berat maksimal 10 Ton. Tronton jadi salah satunya truk yang cukup disukai oleh pebisnis ekspedisi truk maupun usaha di bidang sektor lainnya, sebab selain harganya murah juga dapat membawa barang yang lumayan banyak.

Truk Kontainer

Truk kontainer sendiri adalah sebuah istilah sebuah truk yang mengangkat container. Keberadaan trailer sendiri juga tak dapat terpisahkan oleh container, karena pada dasarnya kontainer adalah sebuah peti kemas yang menjadi wadah untuk barang yang hendak terkirim. Sedangkan tempat untuk mewadahi kontainer tersebut adalah trailer. Banyak sekali jenis kontainer dari jenis dan ukurannya.

Untuk melindungi kendaraan pengiriman barangnya ada baiknya unit kendaraan dilengkapi dengan GPS Tracking. IzzyTrack sebagai GPS Tracking selain berguna untuk keamanan dan pemantauan kendaraan, dapat juga membantu untuk memaksimalkan kinerja kendaraan perusahaan.