Mesin truk adalah mesin yang handal dan juga tangguh untuk semua kondisi jalan. Dengan kekuatannya tersebut, truk siap dipergunakan untuk mengirimkan kebutuhan logistik dengan cepat dan juga aman.

Namun karena ketangguhannya tersebut, bukan berarti mesin truk tidak perlu dirawat dan juga diperhatikan untuk setiap bagian-bagian mesin yang ada. Jika mengabaikan hal tersebut yang ada nantinya akan menambah beban biaya operasional apabila terjadinya kerusakan pada bagian mesin itu sendiri.

Kendaraan truk sendiri mengandalkan mesin diesel untuk penggerak. Ketangguhan mesin diesel tersebut nyatanya sudah teruji sampai sekarang ini dan sudah diuji.

Lalu, bagaimana tips merawat truk bermesin diesel yang baik dan juga benar agar mesin tersebut tetap handal untuk aktivitas bisnis ? Inilah tips-tipsnya.

Pada setiap mesin kendaraan, hal yang perlu dilakukan agar mesin tersebut tetap awet adalah dengan memanaskan mesin kendaraan tersebut secara teratur, dan hal itu juga berlaku pada mesin truk. Hal itu dilakukan agar mesin mendapatkan pelumasan pada seluruh bagian mesin di kendaraan itu sendiri, sehingga mesin dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya gesekan yang berari pada kendaraan itu.

Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah membersihkan filter udara secara berkala. Sebuah mesin kendaraan dan juga berlaku pada mesin diesel itu sendiri memerlukan asupan udara pada bagian dalam mesinnya tersebut. Pada mesin diesel jika terdapat debu di dalam mesinnya, maka hal tersebut dapat mengganggu kinerja dan performa pada mesin itu sendiri. Karena pentingnya komponen ini, maka perlu dibersihkan secara berkala di bengkel resmi langganan kamu agar mesin pada truk tetap awet dan bisa memberikan performa terbaik untuk penggunaannya.

Fungsi dari oli itu sendiri adalah untuk mengurangi pergesekan yang ada di dalam mesin itu sendiri. Ganti oli pada armada truk yang kamu miliki kurang lebih setiap 5000 km beserta filter oli di dalamnya agar komponen ini bisa bekerja secara maksimal.

Untuk perawatan yang satu ini tentunya perlu dilakukan agar barang-barang yang dimuat untuk diantarkan dapat terjaga kebersihan dan kualitasnya. Bersihkan sudut-sudut box pada truk dengan bersih dengan menggunakan sabun dan bahan-bahan pembersih lainnya agar kuman, noda maupun bakteri telah hilang di dalam box tersebut. Dengan kebersihan box pada truk yang terjaga, tentunya hal itu bisa menambah kepercayaan pada klien bahwa barang yang dikirimkan masih dalam kondisi bersih, steril, dan juga tidak berdebu.