Penggunaan mesin Diesel di hampir semua kendaraan Bus ataupun truk tentunya menarik untuk disimak. Faktor yang paling menonjol adalah karena dimensi kendaraan bus ataupun truk itu besar sehingga lebih banyak menggunakan mesin diesel sebagai tenaga penggerak kendaraan tersebut. Ternyata ada factor lainnya lagi kenapa Bus dan Truk menggunakan mesin diesel. Berikut ini kelebihan mesin diesel tersebut.

Mobil diesel biasanya hanya menggunakan bahan bakar yang lebih sedikit daripada mesin lainnya. Alasannya, mesin diesel dilengkapi dengan rasio kompresi yang cenderung lebih tinggi daripada mesin bukan diesel. Hal ini membuat mesin diesel memproduksi panas yang lebih sedikit dan membuat bahan bakar akan terbakar lebih sempurna di ruang bakar.  Bahan bakar yang digunakan juga cenderung lebih hemat bahkan jarak tempuh yang jauh sekalipun.

Mesin diesel tidak memerlukan sistem injeksi bahan bakar dan busi yang mumpuni, sehingga mesin diesel cenderung lebih sederhana. Jadi perawatan yang perlu dilakukan pada kendaraan bermesin diesel lebih terjangkau dan mudah. Tidak memberlakukan sistem pengapian, sehingga tidak banyak komponen yang perlu diperiksa dan diganti secara rutin. Kendaraan dengan mesin diesel juga biasanya punya rentang waktu lebih lama untuk perawatan berkala dibanding dengan mesin bensin.

mesin diesel banyak digunakan untuk kendaraan komersial adalah karena torsi besar yang dimilikinya. Sebagai informasi, torsi yang akan lebih memudahkan mobil untuk menarik atau mengangkut beban berat di belakangnya. Selain itu kendaraan dengan mesin diesel cocok dikendarai pada daerah yang jalannya tidak mulus. Ditambah lagi dengan kemampuannya membawa beban berat dan cukup bertenaga saat melalui tanjakan, bahkan saat melewati jalanan banjir pun tetap bisa dikendarai dengan baik.

Karena pembakaran mesin diesel lebih sempurna jika dibandingkan dengan mesin bensin, otomatis membuat emisi gas buang yang dihasilkan juga jauh lebih rendah. Selain itu inovasi mesin diesel juga memungkinkan emisi karbon yang dihasilkannya lebih bersahabat bagi lingkungan.  Di Indonesia hal ini didukung dengan ketersediaan bahan bakar biodiesel yang sudah mulai banyak ditemui di berbagai stasiun pengisian bahan bakar.

Pada umumnya, mesin diesel dirancang dengan bahan yang lebih kuat. Alasannya, mesin dilengkapi dengan kompresi yang lebih tinggi. Mesin diesel juga memiliki suhu udara dalam ruang bakar yang lebih panas untuk membakar solar dengan lebih baik lagi.

Untuk melengkapi kinerja kendaraan yang bermesin diesel, pergunakan IzzyTrack GPS Tracking pada setiap kendaraan agar mengoptimalkan kendaraan.