Oli pada kendaraan memiliki fungsi yang sangat vital untuk komponen – komponen pada kendaraan. Karena Oli berfungsi sebagai pelumas untuk membuat kinerja komponen-komponen mobil menjadi lebih licin sehingga akselerasi akan terasa lebih ringan. Lapisan-lapisan dalam oli yang bagus berfungsi untuk mencegah gesekan antar logam komponen mesin, menghindari keausan, melindungi komponen dari karat, dan membersihkan dinding mesin.

Akan tetapi Oli pada kendaraan memiliki masa berlaku. Untuk setiap pengguna kendaraan harusnya mengerti tanda – tanda atau kapan waktu yang tepat untuk mengganti Oli pada kendaraanya. Tetapi ada saja beberapa pengendara kendaraan yang lupa untuk mengganti Oli pada kendaraannya. Jika hal tersebut sering dilakukan bukan hal yang mungkin jika kendaraannya mengalami “Turun Mesin”. Sudah seharusnya sebagai pengendara harus mengetahui tanda kapan oli diganti, Oleh karena itu berikut ini akan dibahas mengenai ciri – ciri kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli pada kendaraan :

Perubahan Warna Oli

Jika oli telah berubah warna menjadi hitam dan encer, hal ini menandakan bahwa oli harus segera diganti karena sudah tidak bagus untuk dipakai. Selain itu oli yang telah berubah baik dari segi warna maupun teksturnya juga menjadi pertanda menurunnya kualitas oli tersebut. Sehingga oli tersebut kurang bisa melumasi dengan baik.

Suara Kendaraan menjadi Kasar dan berat

Dengan menyadari bahwa getaran mesin kendaraan terasa tinggi dan kasar tidak seperti biasanya. Ini menjadi pertanda agar segera mengganti oli mesin mobil kendaraan. Jika pengendara perhatikan secara seksama, setelah mengganti oli, secara umum getaran mesin mobil akan terasa berbeda dan cenderung lebih mulus dibandingkan saat sebelum diganti.

Jarak Tempuh Kendaraan

Jarak tempu kendaraan juga menjadi acuan untuk mengganti Oli pada kendaraan. Karena, dengan semakin jauh jarak yang ditempuh oleh kendaraan maka semakin cepat juga masa kerja Oli mesin. Jarak tempuh ideal untuk mengganti Oli mobil yaitu 10.000km untuk pemakaian secara normal. Ataupun jarak 5000km untuk pemakaian kendaraan tidak normal dalam artian kendaraan sering mengalami kemacetan saat perjalanan.

Oli Berwarna Hitam Pekat

Oli yang sudah terkontaminasi panas dan deposit akan berubah warnanya menjadi lebih gelap dan hitam dari warna awal oli coklat kekuningan. Jika oli sudah berubah warna seperti ini harus segera diganti agar mesin tidak rusak terkena gesekan.

Itulah beberapa tanda ketika Oli pada kendaraan harus diganti. Ada tips lainnya agar pengendara tidak lupa untuk mengganti Oli pada kendaraannya. Yaitu dengan menggunakan fitur Maintenance Schedule dari IzzyTrack GPS Tracking. Dengan menggunakan fitur tersebut dapat menjadwalkan penggantian Oli secara rutin baik secara indicator pemakaian jarak tempuh, ataupun indicator pemakaian dalam hitungan hari.